Cara Hidup Sehat untuk Menjaga Kualitas Hidup di Masa Depan

19 Jun 2024  | 315x | Ditulis oleh : Team
Cara Hidup Sehat untuk Menjaga Kualitas Hidup di Masa Depan

Pola hidup yang sehat sangat penting untuk diterapkan dari sekarang. Bukan hanya untuk melindungi diri dari berbagai macam penyakit, menerapkan hidup sehat juga sangat baik bagi kesehatan mental. Sayangnya masih banyak orang yang belum paham mengenai bagaimana cara hidup sehat, baik secara fisik dan mental.

Padahal kebiasaan hidup sehat dan bahagia menjadi kunci panjang umur, artinya semakin kita sehat dan bahagia, maka harapan hidupnya juga akan menjadi lebih lama.

Manfaat menerapkan hidup sehat

Memiliki tubuh yang sehat dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Denan cara hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri dengan mengurangi kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari situs Kementrian Kesehatan, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika menerapkan hidup sehat:

  • Lebih bahagia

Gaya hidup sehat tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi membantu meningkatkan suasana hati dan membuat kita menjadi lebih percaya diri.

Olahraga rutin dan menjaga pola makan sehat dapat menstimulasi produksi hormone endorphin yang ada dalam tubuh sehingga membuat tubuh merasa lebih bahagia dan rileks.

  • Meningkatkan energi tubuh

Menerapkan hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan pasokan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Anda bisa coba mulai dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan yang tinggi protein untuk memberikan banyak energi bagi tubuh.

  • Mengurangi risiko terkena penyakit

Dengan menjalankan hidup sehat juga akan membantu tubuh terhindar dari risiko penyakit/ Cara hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Langkah-langkah menuju hidup sehat

Ada beberapa cara hidup sehat yang mulai bisa Anda terapkan, berikut penjelasannya:

  • Hindari stres

Bagi Anda yang setiap hari berhadapan dengan kemacetan, ditambah deadline tugas perkerjaan yang padat, keuangan yang tersendat, hubungan asmara yang sedang rumit, dan berbagai macam masalah dalam hidup.

Semuanya tentu saja membuat stres, ketika Anda mengalami stres, maka semua sistem dalam tubuh akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda.

Stres yang kronis akan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, jika Anda sedang stres coba lakukan  berbagai kegiatan lain yang disukai untuk bisa mengurangi stres, seperti membaca buku, menonton film atau lain.

  • Bijak memilih makanan

Makanan yang Anda konsumsi juga ternyata dapat mempengaruhi kerja tubuh. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi untuk mewujudkan pola hidup sehat.

Pastikan juga asupan makan yang memenuhi prinsip gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Perhatikan porsi makan untuk mencegah kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis.

Selain memilih makanan yang akan dikonsumsi, pastikan juga untuk bijak mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng dan cobalah mengolah dengan cara yang lebih sehat seperti direbus, dikukus atau ditumis.

  • Olahraga setiap hari

Olahraga tidak melulu harus jogging atau ke gym, Anda bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang memang Anda sukai, misalnya bersepeda atau berenang.

Kuncinya buatlah tubuh Anda aktif bergerak setiap hari, jika Anda kerja kantoran, coba olahraga dengan naik tangga jangan melalui lift atau escalator untuk menuju meja kerja Anda. Dengan aktif bergerak maka tubuh akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh.

Dengan berolahraga akan membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tidak heran jika setelah olahraga atau melakukan aktivtas fisik, tubuh akan merasa lebih bugar.

  • Kurangi asupan gula dari sekarang

Buat Anda yang suka makanan manis, cobalah untuk mengurangi atau menghindari berbagai makanan tersebut demi menjaga pola hidup sehat.

Asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes, jika sudah terkena diabetes, maka akan lebih rentan terkena berbagai penyakit kronis di kemudian hari. Jadi cobalah mulai sekarang untuk mengurangi asupan gula.

  • Banyak minum air putih

Tubuh sekitar 60% nya adalah air, setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urine, dan setiap kali kita bernafas. Inilah alasannya kita harus memastikan bahwa kebutuhan cairan harus terpenuhi setiap harinya untuk mencegah dehidrasi.

  • Cukup tidur

Rajin olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi akan sia-sia jika Anda kurang tidur. Tidur merupakan pondasi di mana pikiran dan tubuh menjadi sehat. Jika kebiasaan hidup sehat ini goyah, maka akan berdampak pada kesehatan. Jadi cobalah mulai menerapkan hidup sehat dengan memiliki waktu tidur yang berkualitas.

Untuk mendapatkan informasi tentang ahli farmasi dan layanan kesehatan Anda bisa mengunjungi pafikotakaimana.org,  berbagai info lengkap lainnya bisa didapatkan disini jadi jangan lupa login dan daftar ya.

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top