Peran dan Sejarah Singkat PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia)

20 Jun 2024  | 143x | Ditulis oleh : Team
Peran dan Sejarah Singkat PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia)

PAFI ada sejak proklamasi kemerdekaan republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, peran ahli farmasi dalam membangun bangsa sudah sangat signifikan. PAFI bukan hanya berkontribusi dalam perjuangan melawan penjajahan, tetapi juga aktif dalam pembangunan dan pembelaan negara kesatuan republik Indonesia.

Pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta, terbentuklah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau disingkat dengan PAFI, sebagai wadah bagi para tenaga berbakat di bidang farmasi, tetapi juga symbol dari komitmen mereka dalam mengabdikan diri kepada masyarakat dan negara.

Tujuan PAFI

PAFI bertujuan untuk mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil dan makmur, sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip UUD 1945. Salah satu fokus utamanya adalah menjamin kesehatan optimal untuk semua masyarakat Indonesia, serta mengembangkan sektor farmasi agar lebih maju dan berkualitas tinggi.

Peran dan Fungsi PAFI

PAFI memiliki fungsi yang sangat penting dalam mempersatukan para ahli farmasi di Indonesia. Melalui berbagai kegiatan seperti seminar, konferensi, dan berbagai macam kegiatan sosial lainnya. PAFI memberikan platform bagi para ahli farmasi untuk bertukar informasi dan pengalaman, juga meningkatkan jaringan profesional.

Cabang-cabang PAFI ada di berbagai daerah di seluruh Indonesia, seperti salah satunya yaitu PAFI di kota Anggi, disini peran PAFI cabang aktif dalam memajukan dunia farmasi di tingkat lokal. Info lengkap bisa cek di pafikotaanggi.org.

Pafi berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang farmasi melalui pendidikan, pelatihan, dan advokasi kebijakan yang berbasis ilmiah. Dengan begitu organisasi ini bukan hanya berperan dalam memajukan profesi farmasi, tetapi dalam mengamalkan nilai-nilai moral dan etika.

Kontribusi PAFI dalam Pembangunan Bangsa

PAFI juga aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pengembangan sektor farmasi nasional. Melalui advokasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang terkait, PAFI turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan pengembangan teknologi farmasi.

Hal itu bukan hanya memperkuat posisi Indonesia dalam kancah internasional di bidang farmasi, tetapi juga meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.

PAFI terus berkomitmen dibarisan terdepan dalam upayanya meningkatkan kualitas layanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia, sesuai dengan semangat perjuangan dan pengabdian yang sudah dirintis sejak dari awal PAFI berdiri.

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top