Pentingnya Menuntut Ilmu Agama

3 Feb 2023  | 327x | Ditulis oleh : Team
Pentingnya Menuntut Ilmu Agama

Sebagai seorang muslim kita tidak cukup hanya dengan menyatakan bahwa kita islam tanpa harus berusaha untuk memahami Islam dan mengamalkannya. Tentu saja pernyataan bahwa kita muslim harus dibuktikan dengn melaksanakan konsekuensi dari Islam itu sendiri. Untuk melaksanakan segala konsekuensi  tersebut tentu saja kita harus belajar, mencari tahu, dan tentu saja dengan cara menuntut ilmu.

Menuntut Ilmu itu  Wajib

Sabda Rosulullah shalllallahu’alaihi wa sallam yang artinya “ Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, disahkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913)

Jadi menuntut ilmu itu wajib untuk semua muslim dan muslimah, sebagaimana kita harus meluangkan waktu kita untuk melaksanakan sholat, walaupun kita sedang bekerja atau pekerjaan kita masih menumpuk, kita harus tetap meninggalkan aktivitas kita walau sesibuk apapun untuk segera mengerjkan shalat. Maka begitupun sebaliknya yang harus kita lakukan dengan menuntut ilmu.

Ilmu itu apa sih?

Ilmu adalah kunci dari segala kebaikan, ilmu merupakan sarana untuk menunaikan apa yang Allah wajibkn kepada semua umatNya. Tidak sempurna keimanan dan tak sempurna pula amal kecuali  dengan ilmu. Dengan ilmu Allah disembah, dengannya hak Allah ditunaikan, dan dengan ilmu pula agama-Nya disebarkan.

Kebutuhan akan ilmu lebih besar daripada kebutuhan makan dan minum, sebab kelestarian urusan agama dan dunia bergantung pada ilmu. Imam ahmad mengatakan “ Manusia lebih memerlukan ilmu daripada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman hanya dibutuhkan dua atau tiga kali sehari, sedangkan ilmu diperlukan di setiap wktu.”

Jika hidup seseorang ingin terhormat, mulia dan tak terkikis oleh perjalanan malam dan siang, tak lekang oleh pergantian masa dari thun ke tahun, kewibawaan tanpa kekuasaan, kekayaan tanpa harta, kedigdayaan tanpa senjata, kebangsawanan tanpa keluarga besar, pasukan tanpa gaji, maka kita mesti berilmu.

Tetapi ilmu yang dimaksud disini adalah ilmu syar’I, yaitu ilmu yang akan menjadikan seorang mukallaf mengetahui kewajibannya berupa  masalah-masalah ibadah dan muamalah, juga ilmu tentang Allah dan sifat-sifatNya, hak apa saja yang harus ditunaikan dalam beribadah kepada-Nya, dan mensucikan-Nya dari berbagai kekurangan” (Fathul Baari, 1/92)

Keutamaan-keutamaan Ilmu dan Pemilik Ilmu

Sayangnya sekarang ini majelis ilmu kurang memiliki daya magnet untuk menarik umat islam untuk duduk di sana, banyak orang lebih senang menghabiskan waktu bermaijn twitter, tik-tok, dan media social lainnya disbanding harus duduk di majelis ilmu.

Ada banyak faktor yang menyebabkn hal tersebut dan salah satunya adalah karena umat islam belum mengetahui keutaman dan keuntungan dalam mempelajari ilmu agama. Maka dari itu marilah kita bersama-sama ingin mengetahui keutamaan dan keuntungan menuntut ilmu. Banyak dalil dati kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya terkit keutamaan ilmu dan pemilik ilmu, yaitu :

  1. Ilmu menyebabkan dimudahkannya jalan menuju surge
  2. Ilmu adalah warisan para Nabi
  3. Ilmu akan kekal dan akan bermanfaat bagi pemiliknya walaupun dia telah meninggal
  4. Allah tidak memerintahkan Nabi-Nya meminta tambahan apapun selain ilmu
  5. Orang yang dipahamkan agama adalah orang yang dikehendaki kebaikan
  6. Yang paling takut kepda Allah adalah orang yang berilmu
  7. Orang yang berilmu akan Allah angkat derajatnya

Semoga Allah memberikan kepada kita semua taufiq dan hidayah-Nya untuk bisa menuntut ilmu dan mengamalkannya sesuai dengan tuntunan Nabi shallallahu’alaihi wa sallam. Aamiiin

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top