Menuju Indonesia Sehat 2025 Sebagai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

11 Jun 2024  | 115x | Ditulis oleh : Team
Menuju Indonesia Sehat 2025 Sebagai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Visi Indonesia Tahun 2045 disusun untuk mewujudkan Impian Indonesia 2015-2085 yang merupakan salah satu gagasan untuk mempercepat perwujudan Visi Negara KEsatuan Republik Indonesia.

Pembangunan Indonesia 2045 memiliki 4 pilar, salah satunya yaitu pilar pertama, yaitu Pembangunan Manusia dan penuasaan IPTEK.

Adapun indikator-indikator pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) terkait kesehatan diproyeksikan akan mengalami perbaikan, seperti derajat kesehatan dan gizi masyarakat Indonesia semakin baik dengan rata-rata usia harapan hidup mencapai 75,5 tahun.

Menurunnya penderita penyakit menular seperti HIV/AIDS dan Tuberculosis (TBC), tereliminasinya Malaria di seluruh kabupaten/kota, serta penurunan kasus balita stunting menjadi 5% yang didukung dengan tingkat kesejahteraan keluarga yang semakin baik, juga kesadaran perilaku pola hidup sehat masyarakat yang semakin baik serta akses layanan kesehatan yang semakin luas dan bermutu.

Indikator-indikator tersebut merupakan salah satu aspek dalam menyusunan peta perjalanan menuju Indonesia Emas 2045 karena salah satu tujuan utama dari pembangunan adalah untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan bagi masyarakat untuk menikmati umur panjang dan dapat hidup produktif.

Adapun untuk mencapai hal yang dimaksud diatas tentu saja harus ada strategi berupa:

  • Pemahaman Perilaku Hidup Sehat
  • PenuasaanTeknologi Kesehatan
  • Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang Responsif
  • Fasilitas dan Jaminan Kesehatan Nasional Tertata dan Berkelanjutan

 Tantangan yang akan muncul pada tahun 2045

Megatren dunia diperkirakan adalah tantangan yang akan muncul ditahun 2045, dimana diperkirakan aka nada 9,45 miliar penduduk dan jumlah tersebut akan bertambah 2,1 miliar dari tahun 2015.

Walaupun separuhnya disumbang oleh kawasan Afrika tetapi penduduk Adia masih yang terbesar yaitu 55%. Hal tersebut akan mendorong urbanisasi, imigrasi dan penduduk usia lanjut.

Tantangan lain adalah perubahan iklim yang diakibatkan karena pemanasan global, baik kejadian ekstrim maupun perubahan iklim jangka panjang. Suhu rata-rata pada akhir abad ini meningkat 3-3,5 derajat celcius, jika tidak ada usaha penurunan emisi.

Indonesia sehat 2025 sebagai strategi permasalahan kesehatan

Salah satu strategi untuk mewujudkan Indonesia Sehat 2025 perlu adanya pembangunan Indonesia yang memiliki visi mewujudkan lingkungan dan gaya hidup sehat, diawali dengan layanan kesehatan bagi masyarakat yang semakin mudah dan bermutu sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat.

Apabila sudah terciptanya hak hidup sehat bagi seluruh masyarakat tercapai maka hal itu dapat berpengaruh pada lingkungan yang kondusif, sehat jasmani, rohani, maupun sosial yang bebas dari kerawanan sosial budaya dan polusi.

Jadi perlu adanya layanan kesehatan yang bermutu, terjangkau dan merata, tidak hanya kalangan tertentu atau hanya yang bisa memberikan bayaran mahal saja, tetapi untuk semua kalangan masyarakat baik dari yang miskin atau bahkan tidak mampu membayar biaya kesehatan, info lengkap tentang ahli kesehatan pafimamujuutara.org.

Pembangunan kesehatan yang diharapkan juga dengan tersedianya air minum dan sarana sanitasi lingkungan yang memadai, perumahan dan pemukiman yang sehat, perencanaan kawasan yang berwawasan kesehatan, dan terwujudnya kehidupan masyarakat yang memiliki solidaritas sosial dengan memelihara nilai-nilai budaya bangsa.

Peran PAFI dalam hal tersebut tentu sangatlah penting untuk terwujudnya lingkungan dan perilaku hidup sehat serta meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih bermutu. Gabung bersama pafimamujuutara.ord agar tercapainya kesehatan individu, keluarga dan masyarakat secara bergotong royong.  

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top