Masakan Khas dari Palu Sulawesi Tengah

19 Nov 2022  | 513x | Ditulis oleh : Team
Masakan Khas dari Palu Sulawesi Tengah

Palu menawarkan berbagai makanan lezat yang bisa menggugah selera selain pantai yang indah dan kain tenun yang indah. Anda dapat menemukan semuanya di sini, baik yang panas, gurih, atau yang baru asam. Tanpa mencicipi beberapa dari banyak kelezatan gastronomi kota, perjalanan ke Palu tidak akan lengkap. Ada beberapa makanan di kota tepi pantai ini yang akan membuat Anda betah berkat makanan lokal mereka. Palu tidak mengherankan menerima turis domestik dan mancanegara mengingat itu adalah ibu kota Sulawesi Tengah. Biasanya, salah satu hal yang paling diingat pengunjung tentang Palu adalah masakan tradisionalnya. Apa sebenarnya makanan palu yang disukai banyak orang? Yuk, simak dan cicipi beberapa masakan khas Kota Palu berikut ini:

1. Uta Dada
Anda mungkin bisa menyimpulkan dari namanya bahwa hidangan ini dibuat dari dada ayam. Tebakannya agak benar, tetapi uta dada, yang merupakan saus santan dalam bahasa Hawaii, sebenarnya berasal dari bahasa Kaili. Selain menggunakan dada ayam, cakalang juga bisa digunakan sebagai bahan utama uta dada. Makanan ini termasuk saus yang menggiurkan yang beraroma dan pedas. Pasangannya adalah ketupat atau buras jika dimakan.

2. Ayam Bambu
Makanan yang disajikan di atas bambu ini memiliki aroma yang menggugah selera dan rasa yang unik. Chicken Reed adalah sebutan lain untuk makanan yang dimasak di atas bara api. Menu ini menawarkan makanan berkuah yang bisa memuaskan rasa lapar dan membuat ketagihan, sambil dibakar.

3. Duo Sale
Duo sale, sambal khas dari kota Palu, mau tidak mau wajib dicicipi bagi Anda yang menyukai sambal. Ikan teri yang sudah dikeringkan dan digoreng dengan cabai merah, bawang merah, dan tomat menjadi sajian tradisional Palu ini. Makanan khas dari Palu manis dan tidak terlalu panas, dan cocok dengan nasi hangat atau nasi jagung, dua makanan umum lainnya dari kota.

4. Palumara
Palumara adalah lauk umum Palu lainnya yang cocok dengan hidangan nasi dan jagung. Palumara adalah sup ikan klasik dari Palu dengan rasa pedas dan asam yang khas. Penggemar makanan laut wajib mencoba masakan Palu ini yang diolah dengan ciri khas ikan Laut Sulawesi.

5. Lalampa
Lalampa, jajanan khas Palu, awalnya mirip lemper. Tuna cakalang berfungsi sebagai ang memedai, atau isian makanan. Makanan Hammer khusus ini, yang dimasak dengan api, memiliki aroma yang harum.

6. Labia Dange
Selain Lalampa, jajanan umum lainnya di Palu antara lain Labia dange dan sagu dange. Sagu diolah menjadi jajanan khas Palu ini dengan cara digoreng di atas kompor tanah liat. Kelezatan yang sering dikonsumsi dengan ikan atau olahan gula merah ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah.

7. Milu Siram
Kuliner Palu berikut terus dibuat dari jagung. Binte biluhuta, terkadang disebut sebagai milu siram, adalah sup jagung yang terdiri dari ikan dan udang. Makanan khas Palu, Sulawesi Tengah ini memiliki rasa yang asin, pedas, dan manis, serta dianggap ampuh untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

8. Onyop
Sepintas, masakan khas Palu, Sulawesi Tengah ini mirip dengan masakan Jenang khas Jawa Timur. Onyop dipadukan dengan saus ikan yang memiliki rasa asam segar menjadi pembedanya.

9. Saraba
Saraba hangat merupakan minuman tradisional Palu dengan rasa wedang jahe. Saat hujan atau cuaca dingin di malam hari, minuman ini sangat ideal untuk dikonsumsi. Jika ditambahkan susu kental manis, Saraba juga enak untuk Toppers yang menyukai rasa manis.

10. Kaledo
Bagi para pecinta daging sapi, sajian khas Kota Palu selanjutnya sangat cocok. Kaldu dari kaledo sangat beraroma dan lezat karena dibuat dengan bumbu tradisional. Kaledo adalah sejenis sup kaki sapi.

11. Kapurung
Hidangan tradisional Palu lainnya yang dibuat dengan sagu disebut kapur kapurung. Jajanan ini dibuat lebih nikmat dengan menambahkan kuah kuning yang terbuat dari kaldu ikan, sayuran, potongan mangga, dan daging udang ke dalam sagu goreng.

12. Uta Kelo
Uta kelo atau sayuran yang terbuat dari daun kelor menjadi ciri khas masakan Palu berikut ini. Karena daun kelor tidak lazim digunakan sebagai bahan kuliner di daerah lain di nusantara, makanan khas ini menjadi khas. Makanan khas Sulawesi Tengah yang berkuah khas ini tak jarang membuat orang yang mencobanya ketagihan.

13. Nasi Jagung
Seperti yang sudah ditetapkan di awal, nasi jagung menjadi kelezatan Palu berikut ini. Nasi jagung yang tidak kalah dengan nasi dari beras ini terbuat dari biji jagung tua yang sudah digiling kasar seukuran butiran beras. Cocok dikonsumsi dengan pasangan Sale dan Uta Kelo yang telah disebutkan sebelumnya.

Palu, Sulawesi Tengah, memiliki berbagai macam makanan unik yang pasti akan menggugah selera lidah Anda dengan cita rasanya yang luar biasa unik. Anda sudah tidak sabar untuk memesan perjalanan ke Palu dan mencicipi kuliner lokalnya, bukan? Ayo segera siapkan perlengkapan perjalanan yang diperlukan.

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top