Kue Bugis: Manisnya Paduan Tepung Ketan dan Kelapa Parut

3 Jul 2024  | 12x | Ditulis oleh : Admin
Kue Bugis: Manisnya Paduan Tepung Ketan dan Kelapa Parut

Kue Bugis adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya dari daerah Bugis. Kue ini memiliki cita rasa manis yang lezat, dan tekstur yang unik karena menggunakan tepung ketan dan kelapa parut sebagai bahan utamanya. Kue Bugis sering dihidangkan sebagai cemilan di berbagai acara, mulai dari acara keluarga, hingga perayaan keagamaan.

Resep kue Bugis yang sederhana membuatnya populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahan-bahan yang digunakan relatif mudah didapat, sehingga banyak orang yang mencoba membuatnya di rumah. Salah satu resep kue Bugis yang terkenal adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:
1. Tepung ketan
2. Kelapa parut
3. Gula merah
4. Garam
5. Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:
1. Campurkan tepung ketan, gula merah yang telah diparut, dan sedikit garam. Aduk hingga merata.
2. Ambil sejumput adonan, lalu pipihkan dan isi dengan kelapa parut. Bentuk bulat dan bungkus dengan daun pisang.
3. Kukus kue-kue Bugis hingga matang.

Kue Bugis ini memiliki cita rasa yang unik, dimana manisnya gula merah dipadukan dengan tekstur lembut dari tepung ketan, dan sensasi gurih dari kelapa parut. Kue ini juga memiliki aroma harum dari daun pisang yang digunakan sebagai pembungkus.

Kue Bugis bukan hanya sekadar cemilan, tetapi juga memiliki nilai budaya yang tinggi. Kue ini sering dihidangkan saat perayaan adat atau upacara adat suku Bugis. Hal ini menunjukkan bahwa kue Bugis memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Bugis sebagai bagian dari kekayaan kuliner dan warisan budaya.

Dengan kelezatan dan keunikan rasanya, kue Bugis layak menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang mendunia. Selain itu, resep sederhana kue Bugis juga memungkinkan masyarakat luas untuk menikmati dan menjaga keberlanjutan dari kue tradisional ini. Sehingga, kue Bugis tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari kekayaan kuliner Indonesia yang patut dilestarikan.

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top