Keunikan Ayam Masak Habang Khas Aceh: Resep dan Tips Memasaknya

30 Jun 2024  | 13x | Ditulis oleh : Admin
Keunikan Ayam Masak Habang Khas Aceh: Resep dan Tips Memasaknya

Ayam Masak Habang merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Aceh. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang khas dan unik, serta menjadi salah satu hidangan favorit di masyarakat Aceh. Ayam Masak Habang memiliki ciri khas berupa warna merah pekat dan rasa rempah yang kuat. Untuk dapat menikmati hidangan ini, Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep dan tips memasak berikut.

**Resep Ayam Masak Habang:**
- Siapkan bahan-bahan berikut: 1 ekor ayam potong menjadi 8 bagian, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 cm kunyit, 3 cm jahe, 3 batang serai, 5 lembar daun jeruk, 5 lembar daun salam, 3 buah cabai merah besar, 5 buah cabai rawit merah, 2 sdm gula merah, 1 sdm garam, 1 sdt merica, 500 ml santan dari 1 butir kelapa, minyak goreng secukupnya.
- Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam, serai, daun jeruk, dan potongan ayam. Aduk hingga ayam berubah warna.
- Tambahkan santan, garam, dan gula merah. Masak dengan api kecil hingga semua bumbu meresap dan kuah mengental.

**Tips Memasak Ayam Masak Habang:**
- Penggunaan bumbu-bumbu segar seperti serai, daun jeruk, dan daun salam akan memberikan aroma yang khas pada masakan ini.
- Gunakan santan dari kelapa segar untuk mendapatkan rasa yang autentik. Hindari menggunakan santan kemasan untuk hasil yang lebih lezat.
- Pastikan untuk memasak dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna tanpa membuat ayam menjadi keras.

Ayam Masak Habang memiliki cita rasa yang begitu khas, dengan perpaduan rempah yang harum dan santan yang gurih. Hidangan ini cocok disantap dengan nasi hangat sebagai menu makan siang atau malam. Dengan mengikuti resep dan tips memasak di atas, Anda dapat mencoba merasakan langsung kelezatan Ayam Masak Habang khas Aceh ini di rumah. Selamat mencoba!

Dengan menikmati Ayam Masak Habang, Anda bisa merasakan keunikan dari masakan tradisional Aceh yang telah turun-temurun. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk mencoba dan menikmati hidangan khas dari daerah Nusantara yang kaya akan rempah-rempah.

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top