Hal-hal yang Dapat Mendatangkan Ketenangan Hati

26 Okt 2023  | 477x | Ditulis oleh : Team
Hal-hal yang Dapat Mendatangkan Ketenangan Hati

Syaikh Dr. Sa'ad bin Nashir al Syatsry - Semoga Allah menjaganya dalam kitabnya "Yayatu al Qulub" menyebutkan arahan-arahan yang terdapat dalam al Quran dan sunnah untuk meraih ketenangan tersebut :

1. Berkumpul dalam rangka mencariilmu

Rasulullah shallallahu'alahi wasallam bersabda : "Tidaklah suatu kaum berkumpul sebuah rumah Allah tabaraka wa ta'ala, mereka membaca Kitabullah azza wa jalla, mempelajarinya sesama mereka, melainkan akan turun kepada mereka sakinah, rahmat akan meliputi mereka, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah senantiasa menyebut-nyebut mereka dihadapan malaikat yang berada di sisi-Nya." (HR.Muslim no.2699)

2. Berdo'a

Rasulullah shallallahu'alahi wa sallam dan para sahabatnya pernah mengulang-ulang kalimat doa sebagai berikut dalam perang ahzab : " Maka turunkanlah ketenangan kepada kami serta teguhkan lah kaki-kaki kami saat kami bertemu (musuh)"

Maka Allah memberikan mereka kemenangan dan meneguhkan mereka.

3. Membaca al Qur'an

Rasulullah shallallahu'alahi wa sallam bersabda " Ia adalah ketenangan yang turun karena al qur'an." (HR.Bukhari:4839, Muslim:795)

 4. Memperbanyak dzikrullah

Allah berfirman : "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram." (QS. Ra'du [13] :28)

5. Bersikap wara' (hati-hati) dari perkara syubhat

Rasulullah shallallahu'alahi wasallam bersabda :"Kebaikan itu adalah yang jiwa merasa tenang dan hati merasa tentram kepadanya. Sementara dosa adalah yang jiwa merasa tidak tenang dan hati merasa tidak tentram kepadanya, walaupun orang-orang memberimu fatwa (menjadikan untukmu keringanan)." (HR.Ahmad no. 17894, dishahihkan al Albani dalam Shahih al Jami no:2881)

6. Jujur dalam berkata dan berbuat

Rasulullah shallallahu'alahi wa sallam bersabda : "Sesungguhnya jujur itu ketenangan dan dusta itu keragu-raguan." (HR.Tirmizi no: 2518)

Begitupun seua ketaatan kepada Allah dan sikap senantiasa bersegra kepada amal shaleh adalah diantara faktor yang akan mendatangkan ketenangan kepada hati seorang mukmin. Jika kita selalu mendengar dan berusaha untuk mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka hati kita akan kian tenang dan teguh, Allah berfirman : "....Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan  (iman  mereka) dan kalau demikian pasti kami berikan kepada mereka pahala yang besar dari sisi Kami, dan pasti kami tunjuki mereka kepada jalan yang lurus." (QS. An Nisa [4]:68)

Saudaraku, jika kita dapat mempertahankan ketenngan hati sehingga senantiasa teguh berada dalam jalan Allah, apa pun yang terjadi kepada kita, maka bergembiralah, karena kelak saat kita meninggalkan dunia yang fana ini, akan ada yang berseru kepada kita dengan seruan ini:

"Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yng puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku, masuklah ke dalam syurga-Ku." (QS Al Fajr [89]:27-30) (lihat Hayatu al Qulub:90:91)

Wallahu'alam, wa shallallahu'ala nabiyyina Muhammad.

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top