Cara Pengajuan Pinjaman Pembiayaan Syariah di BPRS Al Masoem

15 Mar 2024  | 559x | Ditulis oleh : Team
Cara Pengajuan Pinjaman Pembiayaan Syariah di BPRS Al Masoem

Pembiayaan Syariah adalah suatu sitem keuangan yang berprinsip kepada syariat Islam. Artinya pembiayaan syariah itu tidak menggunakan bunga atau riba. Prinsipnya pembiayaan syariah adalah adanya keadilan, kebersamaan, transparasi dan menghindari segala bentuk riba dan investasi dalam bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai moral Islam.

Dalam pembiayaan syariah ada beberapa metode keuangan yang umum digunakan, seperti mudharabah, musyarakah, murabahah, ijrah dan istisna. Mudharabah artinya kerjasama antara pihak yang memberikan modal dan pihak yang mengelola modal untuk mendapatkan keuntungan, dan keuntungan itu akan dibagi berdasarkan kesepakatan sebelumnya.

Musyarakah artinya bentuk kemitraan antara kedua belah pihak yang menyediakan modal dan berbagi risiko serta keuntungan sesuai dengan kesepakatan.

Murabahah artinya jual beli dengan makrup harga yang jelas, tanpa menambah bunga. Ijrah adalah sewa yang melibatkan pembayaran sewa atas barang yang dimiliki oleh pihak lain. Selanjutnya istisna adalah perjanjian pembelian barang yang belum ada secara langsung, dengan cara melakukan pemesanan dulu.

Pembiayaan syariah saat ini memiliki peran penting dalam meningkatkan ekonomi, terutama di Indonesia yang matoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. Hal itu karena pembiayaan syariah tidak hanya mengikuti prinsip keuangan Islam, tetapi juga membantu masyarakat yang sebelumnya tidak menggunakan layanan keuangan secara konvensional dengan alasan dilarang oleh agama.

Pembiayaan Syariah di BPR Syariah Almasoem

Pembiayaan syariah yang bisa Anda pilih salah satunya adalah BPRS Al Masoem.  Pembiayaan syariah BPRS Al Masoem salah satu lembaga yang memiliki aturan sesuai dengan aturan agama Islam, selain itu juga dalam BPRS Al Masoem mempunyai jumlah bunga pinjaman yang beda, jadi banyak sekali yang memilih untuk mengajukan pinjaman syariah disini.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman syariah di BPRS Al Masoem tidak ribet kok, ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti pada umumnya yaitu :

  • Siapkan Dokumen

Seperti mengajukan pinjaman pada umumnya, saat Anda ingin mengajukan pinjaman syariah di BPRS Al Masoem itu harus ada beberapa identitas diri, seperti KTP, slip gaji (jika Anda bekerja), surat keterangan usaha, jaminan dan yang lainnya.

Jika semua dokumen sudah lengkap dan siap Anda bisa langsung datang ke BPRS Al Masoem terdekat. Jangan lupa semua persyaratan dokumen yang Anda bawa sudah di fotokopi terlebih dahulu, dan ingat teliti lagi jangan sampai ada salah karena ini akan menghambat proses pengajuan pinjaman.

  • Siapkan Jaminan Pinjaman Syariah

Siapkan semua jaminan terlebih dahulu, dan biasanya pengajuan pinjaman boleh besar tergantung dari jaminan yang diajukan. Untuk itulah sebelum Anda mengajukan pinjaman syariah di BPRS Al Masoem harus menyiapkan dulu dokumen dari barang yang menjadi jaminan.

  • Pinjaman Pembiayaan Syariah

Semua jenis pinjaman baik itu pinjaman syariah atau bukan, keduanya sama-sama mempunyai akad. Akad pinjaman itu tentu mempunyai fungsi untuk mencegah beberapa hal yang tidak diinginkan. Untuk itulah pahami isi dari dalam akad yang akan ditandatangani, jangan sampai Anda tidak membacanya, karena bisa berdampak buruk di kemudian hari.

Jika Anda kurang paham isi dari akad tersebut, Anda bisa menanyakannya langsung kepada yang memberikan pinjaman pembiayaan syariah tersebut.

  • Survey Lokasi dan Melihat Barang Jaminan

Jika semua persyaratan diatas sudah dipenuhi, maka pihak dari bank pinjaman syariah akan melakukan peninjauan akan barang yang menjadi jaminanan, biasanya pihak bank akan melakukan beberapa pengambilan gambar.

Fungsinya adalah untuk membuktikan bahwa barang yang menjadi jaminan itu ada. Jika proses ini selesai maka Anda tinggal menunggu penentuan berapa jumlah pembiayaan syariah yang akan Anda terima.

Di BPRS Al Masoem  proses verifikasi atau pencairan pinjaman syariah membutuhkan waktu yang tidak lama, sehingga Anda tidak khawatir waktu menunggu akan sia-sia.

Anda akan mendapat penjelasan jika pengajuan pinjaman syariah Anda ditolak, intinya Anda harus sering melakukan komunikasi saat proses peminjaman biaya yang Anda ajukan.

Anda membutuhkan pinjaman syariah di BPRS Al Masoem? Segera hubungi online cs di nomor telepon 022 7796130 atau 085173400881, bisa juga melalui web resminya https://www.almasoembank.co.id, semoga artikel ini membantu dan bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top