Aneka Kuliner Khas Bogor yang Wajib Dicicipi

19 Nov 2022  | 236x | Ditulis oleh : Team
Aneka Kuliner Khas Bogor yang Wajib Dicicipi

Buat Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya senang melakukan perjalanan akhir pekan ke Bogor. Namun, daya tarik Bogor tidak hanya berasal dari banyaknya tempat wisata; itu juga berasal dari beberapa hidangan gastronomi yang khas. Lihat ragam kuliner khas Bogor yang wajib dicicipi traveler saat berwisata ke kota hujan di Jawa Barat ini.

1. Doclang
Camilan yang umum di Bogor disebut doclang terdiri dari olahan ketupat atau lontong, kentang, dan telur rebus, semuanya diberi saus kacang yang gurih. Doclang yang dilengkapi dengan kerupuk dan bawang goreng merupakan makanan khas Bogor yang masih banyak tersedia hingga saat ini.

2. Bapatong
Sajian selanjutnya yang wajib dicoba oleh pecinta kuliner khas Bogor adalah Bapatong atau dikenal juga dengan bakso kupat gentong. Sajian adat Bogor ini sangat cocok untuk Toppers yang menikmati bakso dalam masakannya dan paling enak dinikmati saat mendung atau hujan di luar.

3. Cungkring
Cungkring berarti kikil sapi dalam bahasa Sunda. Makanan tradisional asal Bogor ini merupakan olahan kikil sapi dan kepala sapi yang telah diracik dengan bumbu dan bumbu kacang yang manis. Makanan khas Bogor sering disajikan dengan nasi ketan putih sebagai pelengkap dan biasanya ditusuk seperti sate.

4. Es Pala
Minuman khas Bogor ini sudah ada sejak zaman Belanda. Es Pala, minuman yang terbuat dari gula dan irisan pala, memiliki rasa yang ringan dan beberapa manfaat kesehatan, termasuk dapat meredakan nyeri haid dan insomnia. Minuman khas Bogor ini langsung disantap setelah dimanjakan dengan berbagai makanan khas Bogor lainnya.

5. Asinan Bogor
Asinan Bogor merupakan salah satu makanan khas Bogor yang popularitasnya sudah lama berdiri. Makanan yang merupakan hasil perpaduan budaya Bogor dan Tionghoa ini memiliki keunikan cita rasa yang membedakannya dari makanan asinan pada umumnya. Toppers Asinan Bogor dapat ditemukan yang terbuat dari buah, sayuran, atau kombinasi keduanya.

6. Asinan Jagung Bakar
Selain Asinan Bogor, Asinan Jagung Bakar adalah salah satu contoh olahan kuliner Asinan Bogor klasik yang memiliki cita rasa khas. Bisa dikatakan Asinan Bogor dan Asinan Jagung Bakar sangat mirip dari segi komposisi. Bedanya, ditambahkan jagung bakar yang menambah cita rasa masakan Bogor ini.

7. Ubi Bakar Cilembu
Siapa yang belum pernah mendengar masakan tradisional Sunda yang satu ini? Ketika Toppers bepergian ke Puncak, Bogor, dan tempat lainnya, mereka dapat dengan mudah menemukan umbi cilembu. Rasa manis yang cukup khas dari masakan Bogor seperti madu menjadi salah satu alasan mengapa madu ini sangat disukai.

8. Bir Kotjok
Meski bernama bir Kotjok, minuman khas Bogor ini sebenarnya mengandung alkohol. Minuman tradisional asal Bogor yang terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan ini terbuat dari berbagai macam rempah-rempah, antara lain jahe merah, cengkih, kayu manis, gula pasir, dan gula aren.

9. Soto Mie
Soto Mie adalah makanan terkenal berikutnya dari Bogor. Karena Soto Mie Bogor sangat terkenal, Toppers bisa menemukan banyak penjual bahkan di luar Bogor. Mie kuning, bihun, irisan daging sapi, jeroan, dan risoles semuanya berpadu dalam masakan Bogor bersama kuah soto bening yang gurih.

10. Pepes Sagu
Pepes Sago, jajanan khas Bogor yang terbuat dari pisang masih sangat digemari hingga saat ini. Makanan khas Bogor ini hadir dalam berbagai varian rasa, antara lain nangka, keju, pepes sagu pisang, dan lain-lain.

Kentang Goreng Kacang
Hidangan daerah ini sangat populer di Bogor dan Jawa Barat. Tauge goreng yang terdiri dari tauge, mie telur, dan tahu goreng yang ditaburi bumbu tauco dan oncom ini memiliki cita rasa khas yang masih banyak dicari oleh para pecinta kuliner Bogor hingga saat ini.

Laksa Bogor 12.
Bogor Bisa dibilang laksa rasanya sangat mirip dengan kuliner laksa yang bisa ditemukan di sejumlah daerah lain. Penambahan oncom sebagai pelengkap memberikan kekhasan masakan klasik Bogor ini. Masakan Bogor ini luar biasa dan paling enak dinikmati dalam suasana kota yang tenang sambil ditemani saus Laksa yang gurih.

Apalagi tertarik dengan banyaknya rasa makanan khas Bogor? Mari bersiap-siap untuk menemukan berbagai kuliner khas Bogor.

#Tag
Artikel Terkait
 
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top